Jrwirogas

Laki-laki, 16 tahun

Bekasi Timur, Indonesia

Orang yang berpendidikan mampu dikalahkan oleh orang yang berpengalaman
| ::

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Selasa, 12 Februari 2013

asalammualaikum.wr.wb 

hai sob bagai mana kabar anda semoga sehat selalu dan di limpahkan rizki dan rahmat dari allah yg maha esa kali ini saya akan menerangkan tentang kelebihan dan kekurangan gmail dan yahoo






Kelebihan & Kelemahan Gmail


Gmail merupakan fasilitas email gratis besutan raksasa mesin cari Google. Gmail memberikan kuota penyimpanan file yang cukup besar yakni sekitar 6 GB (giga byte) sehingga kamu tidak perlu khawatir menghapus email lama. Kapasistas penyimpanan file ini setara dengan rivalnya yakni Yahoo Mail. Dibandingkan dengan Yahoo Mail, Gmail (Google Mail) mempunyai layanan yang lebih baik.

(+) bila kita memiliki akun ini, maka tiap kita login kita sudah terdaftar otomatis di fitur yang berhubungan dengan google, misalkan saja youtube dan blogspot.

(+) setelah tampilan login, tampilan background dan layout e-mail bisa diubah sesuka hati sesuai keinginan masing-masing.

(+) e-mail bisa dilabeli atau dimasukkan kedalam folder yang dikelompokkan terkesan rapi.

(+) tanpa harus me-refresh, e-mail baru bisa langsung terlihat.

(+) Kapasitas attachment sampai 20MB.

(+) bisa telekonferensi, jadi kita ketik bersama lalu post, dan ditiap akan muncul menjadi satu postingan tersebut.

(+( anti spam terbaik, dapat memfilter spam sehingga tidak masuk ke dalam e-mail.

(-) tampilan untuk login terkesan sepi, tidak ada berita atau pilihan-pilihan content yang menarik.

(-) fasilitas chatting yaitu G-talk kurang populer alias belum mendunia disbanding YM

Kelebihan & kelemahan Ymail

(+) tampilan untuk login terkesan ramai sehingga terdapat daya tarik akan pilihan-pilihan content yang menarik.

(-) Kapasitas attachment hanya 10MB, lebih kecil dibanding Gmail.

(-) harus me-refresh terlebih dahulu, baru bisa terlihat e-mail baru.

(-) banyak spam.

(-) tidak ada manjemen e-mail alias data tidak bisa dikelompokkan.

Keunggulan Gmail dibandingkan Yahoo Mail

Fitur POP3/IMAP. Gmail mempunyai fitur atau fasilitas POP3/IMAP. Dengan fitur ini kamu dapat mendownload dan mengirim email dengan menggunakan email client seperti Outlook dan Thunderbird. Jadi kamu tidak perlu membuka dan mengirim email melalui browser sehingga hemat waktu dan bandwidth.
Lebih cepat diakses. Mengapa Gmail lebih cepat dalam membuka email dibandingakan dengan Yahoo Mail? Hal ini tidak lain karena Gmail tidak menempatkan iklan gambar atau flash dan hanya menempatkan iklan berbasis teks (java script), sedangkan Yahoo Mail selalu menempatkan iklan dalam file flash pada posisi header dan sidebar yang berukuran besar yang mengakibatkan waktu yang diperlukan untuk mendownlaod file tersebut menjadi lebih lama.
Gmail Notifier. Dengan program ini kamu dapat mengetahui email terbaru tanpa membuka email di browser.


Kelebihan dan Kelemahan antara Gmail dan Yahoo mail

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7000 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.
Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Kelemahan G-mail

Mungkin layanan Google Gmail memang sangat menarik dari segi fiturnya dan dari segi penggunanya juga semakin bertambah, dari mulai constumisasi skin, hingga kemudahan untuk melacak email yang memiliki kesamaan tema. Namun, layanan Gmail juga memiliki beberapa kekurangan.

Tidak ada menu drag and drop. Fitur drag and drop email telah support di Yahoo, namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.

Fitur delete, Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di keyboard, malah tombol “#”.

Fitur label, Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa penberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.

Scan email, Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.

Statis signature, Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.

1.Tampilan lebih bagus dan menarik
2. Fitur Message Pop Up, yaitu begitu ada e-mail masuk, YM akan memberi tahu kita siapa pengirim dan subject e-mail tersebut secara real time sewaktu kita online.
3. Masuk ke chat room lebih mudah, karena tidak perlu membuka browser baru untuk melihat kode captha
4. Fitur status yang bisa kita sisipi URL dan bila di klik lgs ke link ke URL yg kita isikan
5. Kinerja tranfer data chat lebih cepat dari pada versi lama
6. Yg terakhir bila kita kita menggunakan versi 9, di YM teman kita tidak akan muncul “your friend use old Yahoo Messenger version!”

Email Gratis dari Yahoo bisa dikatakan sebagai generasi pertama penyedia email gratis (sejauh yang saya ketahui). Kepopuleran email yahoo lebih tinggi dibanding email gratis dari layanan lainnya seperti Email dari Google/gmail, yang merupakan saingan terbesar yahoo dalam hal SearchEngine.

Namun demikian, antara satu sama lain, baik Yahoo Mail/ymail, google mail/gmail, juga yang lainnya, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Misal saja dalam hal ini, perbandingan antara Yahoo Mail dan Google Mail. Salah satu keunggulan Yahoo adalah, ID Yahoo bisa langsung digunakan untuk Yahoo Messenger, dimana ini merupakan salah satu sarana komunikasi online yang paling lengkap, yang memiliki fasilitas chating, call/panggilan, berbagi gambar, webcam, dan sebagainya, yang juga bisa digunakan untuk transaksi pulsa online otomatis. Sedangkan untuk Google Mail, saat posting ini dibuat, belum memiliki media khusus seperti Yahoo Messenger. Namun demikian, google mail memiliki kelebihan lain yaitu biisa digunakan untuk login sekaligus ke layanan yang disediakan google seperti Blog Gratis dari Google (blogspot.com), Google Adsense, Google Analytic, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keunggulan Gmail yang jarang diberikan oleh penyedia layanan email gratisan lainnya adalah ketersediaan akses email dengan protokol POP dan IMAP. Nalun begitu, secara default kedua fitur ini belum aktif. Untuk mengaktifkan akses menggunakan IMAP, login ke Gmail, kemudian klik menu Settings. Selanjutnya pilih tab Forwarding and POP/IMAP. Pada pengaturan status IMAP Access, pilih Enable IMAP. Akhiri dengan mengklik tombol Save Changes.

Beberapa keunggulan Gmail yang kami jumpai adalah:

1. Memiliki quota (kapasitas penyimpanan) lebih dari 2828 MB yang diberikan gratis (dan akan terus bertambah). Sehingga kita tidak perlu menghapus email manapun.

2. Fasilitas Autoresponder.

3. Dapat dikonfigurasi untuk menggunakan POP3. Dengan demikian kita dapat mendownload email kita dan membacanya dirumah, tanpa harus terhubung ke internet.

4. Tanpa iklan pop up. Tanpa banner. Iklan yang ada hanyalah iklan baris yang kecil saja yang sudah disesuaikan dengan email yang kita baca.

5. Fasilitas pencarian google untuk mencari email yang dikehendaki, kapanpun email dikirim dan diterima. Kekuatan utama webmail ini terletak pada mesin Google yang sudah kita rasakan bersama.

6. Tiap pesan dijadikan satu dengan balasannya, dan ditampilkan sebagai percakapan.

7. Software pihak ketiga.

8. Bebas spam (email sampah).

9. Setiap email yang dikirim dan diterima telah di-scan dengan menggunakan antivirus AVG yang menjamin email kita bebas virus.

10. Kecepatan. Terutama dalam hal pengiriman dan pengambilan data.

11. Fitur untuk mengundang rekan. saya sangat menyukai fitur ini, karena kita dapat mengajak rekan kita untuk bersama menikmati Gmail, menikmati indahnya TIK.

12. Fitur yang lengkap dan dapat dikustomizasi sesuai keperluan kita. Bagi saya, sebuah software akan semakin baik jika menyertakan semakin banyak fitur yang dapat kita rubah sesuai kebutuhan kita. Gmail akan membantu Anda menjelaskannya.

13. Account Gmail dapat juga digunakan untuk mendaftar di milis yang menggunakan domain email lain. Salah satu contoh, account ini dapat digunakan untuk mendaftar di milis Yahoo!

14. Dapat diakses menggunakan HP.

Salah satu keunggulan menggunakan Webmail Gmail adalah account Gmail kita dapat diakses menggunakan POP mail client. Saya sudah berhasil mengkonfigurasi account Gmail saya agar dapat diakses POP Thunderbird. Dengan demikian, maka semua e-mail saya dapat di-download dan saya baca di rumah. Thunderbird yang saya gunakan untuk mencoba konfigurasi adalah versi 2.0.0.4 untuk Linux.

Sumber:http://windariess.blogspot.com/2010/11/kelebihan-dan-kelemahan-antara-gmail.html


Pilih Yahoo mail, atau Gmail?

Email sekarang sudah menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi lebih mudah, praktis, dan instant dengan memanfaatkan koneksi internet. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali penyedia Email gratis yang bisa kita manfaatkan untuk menggunakan mengirim dan menerima surat elektronik. Yang terpenting, kita tinggal memilih Email gratisan mana yang akan digunakan. Seperti @Yahoo, @Gmail, @Live, @aim, dsb. Namun berhubung mayoritas dari berbagai penyedia jasa Email gratisan yang sering kita gunakan adalah Gmail dan Yahoo, maka kali ini saya post tentang hal tersebut.

“Bagusan mana Yahoo mail, atau Gmail??”. Ketika saya ngobrol-ngobrol atau bertukar pikiran tentang dunia internet, pertanyaan itu termasuk pertanyaan yang sering diajukan oleh teman-teman, atau mungkin kamu juga sering mendapatkan pertanyaan tersebut. So, saya akan mencoba memberikan perbandingan antara Gmail dengan Yahoo mail Jika dilihat dari segi kecepatan, keamanan serta kapasitasnya.

Kecepatan
Jika dilihat dari segi kecepatan, harus diakui bahwa Gmail lebih cepat daripada Yahoo mail. Untuk login, seakan Gmail melesat tanpa hambatan, sedangkan Yahoo seringkali agak lambat (meskipun koneksi kenceng). Bagi kamu yang koneksi internet-nya tidak stabil atau sering nge-net di warnet, kamu bisa lihat sendiri perbandingannya. Dan satu lagi, kecepatan Gmail dalam menerima Email menurut saya cukup cepat. Jika kita tetap login dan berada di halaman account, kita tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo mail, terkadang kita perlu me-refresh halaman kembali untuk melihat apakah ada Email baru yang masuk.

Keamanan
Jika kita feedback lagi kebelakang, seperti informasi yang saya dapatkan bahwa banyak pihak yang menyarankan kepada pihak Google untuk menggunakan versi aman protocol untuk memproteksi Gmail. Data yang tidak terenkripsi ketika login ke Gmail dapat menjadi sebuah celah bagi pihak lain untuk mencuri identitas yang ada pada account Gmail kita.
Trus bagaimana dengan sekarang? I don’t know… Tapi hal tersebut akan menghilang seiring dengan waktu serta kenyataan yang sebenarnya dari para pengguna. Sedangkan Yahoo mail telah mengantisipasi hal ini sejak lama, ditambah pula pihak Yahoo mewajibkan pengguna mengisi email optional serta pertanyaan rahasia untuk memberikan proteksi jika terjadi hal yang tidak diinginkan bagi pemilik acoount. Di sisi lain, Gmail memberikan proteksi Email spam yang lebih baik ketimbang Yahoo mail. Maka, dalam hal keamanan, diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kapasitas penyimpanan
Gmail memiliki kapasitas penyimpanan (storage) yang terbatas. Sedangkan Yahoo memberikan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Halah, tulisan copas semua..
    Klo ga bisa bikin artikel mending jangan nulis bro, bikin rusak pemandangan google aja..

    BalasHapus

Hak Cipta © 2012-2013 eka Powered by Blogger Designed by Jrswirogas